Headlines News :
Home » » FDA Mengijinkan Lintah Sebagai Sarana Medis

FDA Mengijinkan Lintah Sebagai Sarana Medis


updated 6/28/2004 5:55:34 PM

Pemerintah AS akhirnya mengijinkan perdagangan lintah medis. The Food and Drug Administration pada hari Sening mengatakan bahwa Ricarimpex SAS, sebuah perusahaan Perancis, sebagai perusahaan pertama yang mengajukan dan menerima izin FDA untuk menjual lintah sebagai alat medis.

Lintah telah digunakan secara luas di rumah sakit AS, dan perusahaan yang membudidayakan sebelum tahun 1976 diperbolehkan untuk tetap beroperasi. Namun, undang-undang kesehatan yang baru mensyaratkan bahwa perusahaan yang baru harus mendapatk izin dari pemerintah.

FDA melaporkan bahwa lintah bisa membantu untuk mengembalikan kondisi kulit bekas luka/operasi dengan menghilangkan darah di bawah lapisan bekas luka tersebut dan melancarkan sirkulasi darah dengan menghilangkan darah yang mengendap.

Sesungguhnya penggunaan lintah untuk menyerap darah telah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu. Lintah-lintah ini telah digunakan sebagai terapi alternatif untuk "bekam" dan amputasi. Puncak penggunaannya adalah sekitar pertengahaun tahun 1800-an.

FDA menyatakan bahwa saat ini lintah digunakan di seluruh dunia sebagai sarana untuk mengembalikan kondisi kulit pasca luka/operasi. Lintah medis yang juga dikenal sebagai hirudo medicinalis memiliki habitat di air.

Sebagai bahan pertimbangan atas pengajuan ijin Ricarimpex, FDA telah menganalisa penggunaan lintah dalam dunia pengobatan, mengevaluasi data dari perusahaan terkait dengan makanan yang diberikan selama proses pemeliharaan lintah, lingkungan, dan para personel yang menanganinya.

© 2012 The Associated Press.

Source: MSNBC
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. terapi lintah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger